Rabu, 05 November 2014

Soto sulung Tugu





Adalah Soto Sulung Stasiun Tugu yang membawa keistimewaan soto sulung dari Madura ke Yogyakarta. Warung soto yang didirikan sejak tahun 1968 oleh Bapak (alm.) Marjuddin, kini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di penjuru Yogyakarta. Warung yang berlokasi di kios area parkir selatan Stasiun Tugu kini menjadi salah satu ikon kuliner di Yogyakarta dan selalu menjadi buruan bagi pecinta kuliner. Warung soto ini bisa dimasukkan dalam kategori soto legenda. Karena merupakan warung soto Madura pertama di Jogja.
Bentuk warungnya sebenarnya sangat sederhana, tidak terlalu luas dan hanya berupa kios sederhana dengan bangku dan meja yang terbuat dari kayu. Namun jangan salah, banyak orang menganggap inilah soto sulung yang paling enak rasanya se Jogja. Sudah banyak yang menjadi pelanggan soto sulung ini.  Mereka memberi kesaksian jika rasa sotonya paling nyamleng seantero Jogja. apalagi soto ini dipermanis dengan potongan telur rebus yang membuat isiannya makin yahut.
Konon bentuk warungnya tidak mengalami banyak perubahan dari dulu sampai sekarang. Ada gerobak gendok yang  disediakan untuk meracik soto. Di warung soto ini anda dapat memesan 2  jenis soto, yaitu soto campur yang berisi jeroan daging sapi atau soto daging yang berisi potongan daging-daging sapi tanpa lemak. Pengunjung juga dapat memesan apakah soto ingin ditambah dengan telur rebus ataukah tidak.
“Kalau saya suka yang pakai telur. Lebih terasa Maduranya...”kata salah satu pengunjung bernama Wahyo yang sejak dulu menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk makan siang di sana.
Rasa soto ini sungguh kuat dan berkarakter. Daging dan jeroannya empuk. Kuah soto yang pekat dan aromanya membuat lidah tidak ingin berhenti menyantap. Dagingnya yang empuk dan tidak amis lalu dicampur dengan jeruk nipis, kecap, dan sambal semakin mengoyak mulut. . Yang unik dari sini adalah penyajian nasinya. Nasinya tidak dihidangkan sekaligus dengan sotonya, nasi disini dibungkus kecil-kecil dan sudah tersaji di meja pengunjung. Dan kita bisa menambah nasi semau kita. Harga soto sulung campur ialah Rp.8.000,- dan soto sulung daging Rp. 12.000,-. Jika hendak mencicipi, warung ini buka jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar