Senin, 17 November 2014

Roti Jok, Camilan Sinuhun HB VII





 Menelisik kuliner kraton Jogja memang tiada bosannya. Kali ini datang dari Sultan Hamengku Buwono VII. Roti jok adalah salah satu kuliner kegemaran Sultan Hamengkubowono VII. Konon beliau sering pergi dan kedatangan tamu-tamu dari Eropa. untuk menjamu tamu negara, ia meminta juru masak untuk mebuat masakan perpaduan Eropa dan Jawa. Kemudian dibuatlah sebuah makanan yang dari jaman dahulu merupakan resep rahasia kerajaan Hadiningrat yaitu Roti Jok
Masyarakat asli Yogya pun tak banyak yang tahu masakan istana. Kuliner ini menjadi santapan para bangsawan. Namun kini Istana Yogya mulai mengenalkan masakan keraton pada masyarakat luas. Penampilan Roti jok yang sederhana menjadi kendala untuk dapat diterima oleh masyarakat.
Roti yang dibuat dari bahan tepung beras dan terigu ini hanya dicampur dengan telur, margarine, gula, garam dan santan. Setelah cukup mengembang, adonan dituang ke cetakan, bukan dioven seperti layaknya roti, tapi menggunakan cetakan apem khas Jawa Tengah.
Teman makan yang paling cocok menurut Sinuhun ke 7 adalah semur. Ini disebabkan karena makanan khas jawa ini bahannya kaya rempah. Bahannya antara lain bawang, cengkeh, lada pala, gula, garam dan kecap. Semur yang dimaksud bisa ayam atau lidah. Inilah yang menyebabkan namanya menjadi roti jok, roti yang diguyur atau jok dalam bahasa. Tertarik? Datang saja ke Bale Resto Jogja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar