Senin, 29 Juli 2013

Sop Buntut Goreng The Sahid Rich


Sop Buntut Goreng ala Rich Sahid Hotel
Selain sop ayam, makanan yang enjadi primadona di suhu dingin maupun panas ialah sop buntut. Siapa yang tidak kenal dengan sop buntut. Tidak perlu diragukan lagi, Sop buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia. Terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng. Sop buntut Indonesia dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkeh. Variasi yang relatif baru disebut "Sop Buntut Goreng" yaitu buntut goreng yang dibumbui disajikan kering, sementara kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah
 Setidaknya ada 5 macam sop buntut yang terkenal di semua negara. Kelima sop itu adalah masakan sop Cina yang mirip dengan semur, masakan tradisional orang Korea, masakan etnis orang Amerika Serikat bagian Selatan yang telah eksis semenjak zaman sebelum adanya perang revolusi Amerika, sop kuah tebal yang terkenal di negara Britania Raya dan sudah ada semenjak abad kedelapan belas, dan terakhir adalah sop ekor sapi bakar atau goreng yang dicampur dengan berbagai variasi sop yang menjadi masakan terkenal di negara kita. Selain itu, ada juga yang namanya sop buntut Kreol. Sop ini komposisinya terdiri dari irisan tomat yang dipadukan dengan daging buntut sapi, kacang hijau, kentang, mirepoix, jagung, rempah-rempah, dan bawang putih.
Menyadari  akan adanya kemewahan variasi-variasi sop, terutama di Indonesia sendiri dan akan banyaknya bahan rempah-rempah dan bahan-bahan lain yang sangat mudah didapatkan di Indonesia, Rich Hotel mempunyai trik tersendiri. The Rich Sahid Hotel kemudian memberi menu spesial yaitu Sop Buntut Goreng. Karena semua sudah mengetahui kalau Indonesia itu kaya dengan rempah-rempahnya. Di samping itu, sop buntut goreng merupakan masakan  yang banyak digemari orang. Chef Ganang pun mencoba memadukan keanekaragaman masakan Indonesia yaitu dengan membuat Sop Buntut ala Rich Hotel. 
Adapun sop buntut khas Hotel yang terletak di Jalan Megelang ini, tersaji dari potongan-potongan buntut sapi yang kemudian diberi berbagai macam bumbu lalu digoreng, lalu dicampur dalam kuah kaldu sapi yang warnanya agak jernih. Dilengkapi dengan berbagai irisan seperti wortel, kentang goreng, daun bawang, tomat,  bawang goreng, dan juga selederi. Bumbu yang biasa dipakai untuk membuat sop buntut khas Rich adalah bawang putih, bawang merah, serta bahan rempah-rempah seperti pala, cengkeh, dan merica atau lada. Selain disajikan bersama kaldu sapi, sop buntut Rich juga disajikan dengan emping agar terasa lebih gurih.

 Nah, untuk minumannya, bisa juga memesan Avocado Juice. Jus satu ini bukan jus alpukat biasa lhoo. Ada senyawa susu dan santan di dalamnya. Agar rasanya lebih gurih dan tidak terlalu lembek di mulut.  Ummamiiiii....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar